Kamis, 23 Juni 2011

Peta Nias

SORAI TANONIHA
Sorai berasal dari kata so  dan rai, so berarti ada, dan rai berarti  mahkota, sorai tanoniha  berarti mahkota tanah Nias…
SEKILAS INFO
Pulau Nias atau Tano Niha terletak di Sebelah Barat pulau Sumatera, termasuk dalam Propinsi Sumatera Utara, dengan luas 5 625km2 sebagaian besar terdiri dari dataran rendah+800m diatas permukaan laut.  Gunungsitoli dulu adalah ibukota dari kabupaten Nias,sebelum pemekaran, sekarang merupakan kota madya, yang memiliki sarana transportasi laut dan udara. Dapat dicapai dengan penerbangan dari Medan (sekitar 55menit), atau jalur darat Medan – Sibolga (kurang lebih 8jam),dilanjut menyebrang dengan feri atau kapal laut dari Sibolga ke Gunungsitoli(sekitar 6jam). Dari sini perjalanan wisata dapat dimulai atau sebagai tempat transit ke objek wisata di kabupaten lainnya.


A.      OBJEK WISATA DAN BUDAYA
Karena NIas merupakan sebuah pulau, maka tempat wisata yang paling banyak adalah daerah pantai.
1.       Kota Gunungsitoli
Kita mulai dari kota Gunungsitoli, yang biasa menjadi tempat awal transit, karena memiliki Bandara udara dan pelabuhan laut. . Selain merupakan pusat pemerintahan kota madya, sebagaimana kota kota lainnya juga menjadi pusat perdagangan dan pendidikan (karena sebagian besar sekolah dari SD sampai perguruan tinggi berada disini). Sayangnya sebagaimana kota-kota lain masalah yang ada juga sama, misalnya kesemerawutan  para pedagang kaki lima. Kayaknya sih di Gunungsitoli bukan PKL tapi pedagang jalanan, soalnya jualan sayur dan ikan terutama setelah jam 3 sore malah langsung di atas aspal di jalan Sudirman…malah akhir-akhir ini seakan dilegalkan, ada yang mengawasi langsung dari pemkot..jadi kebayangkan bau n sulitnya melintas di jalan Sudirman… usul saja sih, gimana kalau pemkotnya studi banding mengenai PKL ke Solo…






































Kota yang terletak di tepi pantai timur P.Nias ini memiliki beberapa tempat wisata atau tempat jalan-jalan..istilah orang Nias,terutama tempat jalan-jalan ke pantai. Karena di sisi Timur, tiap pagi kita bisa melihat Sunrise langsung dari laut..tapi sunset tidak bisa.
Jalan-jalannya dimulai dari :
1.       Museum Pusaka Nias, terletak sekitar 1km dari pelabuhan laut Gunungsitoli. Museum ini lengkapnya bisa langsung ke websitenya, www.museumpusakanias.org.com . disini ada contah-contoh rumah adat nias, ada batu-batu megalitikum, ada museum yang berisi photo-photo tentang Nias dari masa lalu..


*Omo Bale (rumah balai)

Selain itu juga bisa buat wisata pantai, karena museum ini terletak di tepi pantai.Disinidisediakan pondok-pondok tempat beristirahat.
(Photo-photo ini diambil ketika keponakan dari Bandung datang ke Gunungsitoli dan jalan-jalan ke MPN)

Untuk keluarga juga menyenangkan membawa anak-anak karena MPN juga menyediakan  kebun binatang mini..
Objek wisata ini sangat raamai pada akhir pekan dan hari libur, karena masih terletak dalam kota sehingga relative mudah dijangkau dan tiket masuknya tergolong  murah. MPN juga sering digunakan sebagai tempat acara/pertemuan-pertemuan…

2.       Pantai..
Banyak tempat jalan-jalan di pantai sekitar kota Gunungsitoli,ada yang sudah tertata dan dikelola dengan serius, ada juga yang masih seadanya. Yang penting tiap hari libur, pantai-pantai sekitar kota ramai dikunjungi (mungkin karena tidak ada alternative hiburan lain???) Yang sudah dikelola, artinya ada pondok-pondok tempat duduk-duduk,ada restoran atau kantin misalnya Pantai Carlita, Nusa Lima, Pantai Bunda,dan pantai Laowomaru . yang masih belum terolah misalnya pantai Teluk Bengkuang , pantai di dekat Tempat Pelelangan Ikan (yang belum dipakai),dll
*carlita, pantainya saja..fasilitasnya lengkap juga lho..


1.       Lain-lain…
Ada beberapa objek wisata lain seperti sumber air panas di Idanogawo, gua batu di Hilina’a, sayangnya belum diolah dengan baik.
Kuliner khas di Gunungsitoli belum ada yang spesifik, kecuali buat oleh-oleh yang terkenal yaitu DODOL DURIAN, sayangnya tergantung pada musim durian yang biasanya pada bulan Agustus atau Desember.   Kalau musim durian, harga durian di Gunungsitoli biasanya cukup murah, antara Rp3000 sampai Rp 8000, durian yang paling enaak berasal dari Tumori..dagingnya tebal manis dan berbiji tipis… Di Gunungsitoli juga dikenal durian yang masih mentah, jadi durian yang sudah cukup tua, tapi belum lembek..baunya belum menyengat, kalau pas dapat yang enak, rasanya  sangat mengungah selera..
Berhubung terletak di tepi pantai, makanan laut yang paling banyak tersedia  dan biasanya cukup digemari para pendatang, terbukti banyak tempat makan seafood yang ramai.
              Di Nias dikenal Tari Moyo, yang biasanya dirangkai sebagai tari selamat dating bagi tamu-tamu terhormat.. Baju adat di NIas didominasi warna merah, hitam dan kuning.
         
Ada juga tarian tradisional yang sering dlakukan pada acara-acara pesta pernikahan maupun acara pesta lainnya, yaitu tari Maena. Tari ini bisa dilakukan bersama-sama secara serentak , dengan iringan rangkaian pantun dalam bahasa Nias, yang isinya disesuaikan dengantema acara, bisa berupa nasehat dan doa pada acara pernikahan, bisa juga berupa penghormatan pada tetamu..Gerakannya tari ini sederhana didominasi gerakan tangan dan kaki, semakin banyak peserta, biasanya akan semakin meriah. Biasanya tamu akan diajak ikut serta..


1.       Nias Utara
Ke arah Utara kota GUnungsitoli, tepatnya di kecamatan Lahewa, terdapat beberapa tempat wisata pantai.Jarak tempuh GUnungsitoli Lahewa sekitar 1,5 sampai 2jam, dengan pemandangan yang menarik, terutama saat  melewati daerah Lotu.  Salah satunya adalah  sebuah pantai yang didominasi oleh batu-batu karang besar yang timbul ketika gempa bumi dna tsunami Nias, tahun 2005. Sebagian daratan dasar laut naik sehingga membentuk pantai baru yang luas dengan batu-batu karang..namanya Dure Galokho.. pantainya sangat jernih dengan pasir putih disela-sela karang..

3.       Nias Barat
Tempat wisata yang terkenal di NIas Barat adalah pulau Asu, bisa ditempuh dengan kapal laut dari Sirombu, sekitar 1jam perjalanan.


4.       Nias Selatan(NISEL)
Pariwisata Nias identik dengan objek wisata Nias Selatan seperti pantai Lagundri dan Sorake,serta perkampungan adat Bawomataluo,tempat loncat batu berasal..padahal, masih banyak yang bias dikunjungi, seperti situs-situs megalitikum di Gomo dan wisata bahari di pulau-pulau Batu, yang bias ditempuh sekitar 5 jam perjalanan laut dari Teluk Dalam, ibukota kab. Nisel atau sekitar 1 jam dengan pesawat terbang dari Gunungsitoli. Kelemahannya ada di masalah promosi dan transportasi, karena pesawat dari Gunungsitoli sering tidak ada dan jika melalui jalur laut, sering dihadang cuaca buruk.
Perjalanan darat dari Gunungsitoli ke Teluk Dalam bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 3 jam.  Sebelum memasuki Teluk Dalam,selewat kecamatan Lahusa  kita disuguhi pemandangan tepi pantai yang menakjubkan..karang karang besar dilatarbelakangioleh ombak yang bergulung-gulung..bolehlah untuk berhenti dan foto-foto..


**Pantai Lagundri & Sorake
Kedua pantai ini bersisian, biasa dijadikan tempat surfing pada bulan Agustus saat ombak lagi besar-besarnya…

**Desa Adat Bawamataluo
Desa ini terletak diatas bukit batu, sehingga pemandangan dari atas sangat baguss..
Untukmencapai desa ini, harus menaiki tangga batu,

Untuk tari perang, susah langsung ditemui di lapangan, biasanya hanya diadakan untuk acara-acara besar atau jika dipesan, karena melibatkan banyak orang dan membutuhkan persiapan waktu. Sekarang cuplikan tari perang itu bisa dilihat di iklan minuman berenergi yang lagi marak di tv-tv..
Ada perbedaan warna baju adat nNisel dengan Nias, di Nias warna dasar merah dengan hiasan hitamdan kuning, tapi di Nisel, warna dominan kuning dengan hiasan merah dan hitam.






A.      STIE PEMBNAS
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang ada di p.Nias. Bersama dengan IKIP Gunungsitoli bernaung pada Yayasan Perguruan Tinggi Nias. SK pendirian : Keputusan Mendiknas RI Nomor: 168/D/O/2000 tanggal 23 Agustus 2000. Terdiri dari 3 program studi: Manajemen S1, akuntansi D3 dan Manajemen Perusahaan D3. Ketiga program studi tersebut telah di restatus.
Sampai saat ini SK akreditasi bagi prodi Manajemen S1 telah dikeluarkan oleh BAN PT, sedang yang dua prodi menunggu SK, karena sudah dilaksanakan assessment lapangan oleh BAN PT.
Ini menjadikan STIE Pembnas satu-satunya perguruan tinggi asli Nias yang sudah terakreditasi. 
Dengan digawangi oleh 66 orang dosen, jumlah mahasiswa sampai TA 2010/2011 adalah….
Fasilitas yang ada: gedung perkuliahan (tahun ini dibangun 4 kelas lagi), perpustakaan,lab.komputer, jaringan internet, dan lapangan voli dan bulu tangkis.
Untuk kegiatan mahasiswa, ada BEM, MPM,sanggar budaya, FDK(Forum Dakwah Kampus), KMK (keluarga Mahasiswa Kristen) dan insidentil ada klub sepak bola dan badminton..
Sanggar sering tampil, terutama pada acara wisuda STIE:
Foto bersama Ketua Umum Yayasan Perti Nias.
             
 Saat ini STIE Pembnas sedang membuka pendaftaran calon mahasiswa baru TA.2011/2012:
·         Pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Juni 2011 sampai 6 Juli 2011,
·         Senin-jumat: 09.00 s/d 16.00, sabtu: 09.00 s/d 12.00
·         bertempat di kampus STIE, jl.Arah Tuhemberua, km.14,5 kec. Gunungsitoli Utara, kota Gunungsitoli.
Wisuda  untuk TA 2010/2011 akan dilaksanakan tanggal 7 Juli 2011.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar